Selasa, 24 Januari 2012

microsoft word

Microsoft Word

Mengetik dan Memformat Dokumen
PostDateIconThursday, 08 April 2010 01:38 | PostAuthorIconWritten by Urip Madiananto | PDF Print E-mail

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis. bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang berbagai keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar sampai dengan fax.

Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan menu Home.
Pada menu ini terdapat kelompok toolbar

• Clipboard
• Font
• Paragraph
• Styles
• Editing

Cara memulai aplikasi Microsoft Word

Langkah-langkah :

1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Office Word 2007.
3. Muncul Gambar berikut

Unsur-unsur utama Layar Ms Word.

* Judul Window

Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya.

Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.

* Office Button

Digunakan untuk:
- Membuat file baru
- Membuka file
- Menyimpan file
- Mencetak
- Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar

* Customize Quick Access Toolbar

Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada task bar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada task bar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.

* Menu

Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut


Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.

* Toolbar

Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. Sebagai contoh kalo kita klik menu Home, akan muncul toolbar berikut
Last Updated (Monday, 12 April 2010 01:21)


MICROSOFT EXCEL

Pengenalan Microsoft Excel 2007
PostDateIconThursday, 04 February 2010 00:49 | PostAuthorIconWritten by Urip Madiananto | PDF Print E-mail

Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.



1.1 Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007

Langkah-langkah:

1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
3. Muncul Gambar 1.1



1.2 Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007

Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus

mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel


MICROSOFT POWER POINT

Mengenal Microsoft Office Power Point 2007
PostDateIconThursday, 01 April 2010 03:54 | PostAuthorIconWritten by Urip Madiananto | PDF Print E-mail

1 Pendahuluan
Setelah membaca bab ini, anda diharapkan memperoleh gambaran singkat tentang PowerPoint dan membuat Presentasi serta menyuntingnya.



2 Power Point dan Presentasi

Presentasi merupakan kegiatan yang penting dalam mengkomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar mereka membeli produk, menggunakan jasa atau untuk kepentingan lain.

Salah satu alat peraga yang dapat digunakan untuk mendukung presentasi adalah computer. Adapun salah satu perangkat lunak yang dapat dipakai adalah PowerPoint yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Dengan menggunakan software ini seseorang dapat menuangkan ide-ide cemerlangnya dalam bentuk visual yang menarik dalam waktu yang singkat.

2.1 Fitur-fitur Power Point

PowerPoint menawarkan kemudahan-kemudahan dalam membuat bahan presentasi yang berbentuk elektronis. Pada setiap halaman presentasi atau slide dapat disisipkan komponen-komponen multimedia yang meliputi:

* Teks
* Gambar dan Grafik
* Foto
* Suara
* Film

PowerPoint juga memungkinkan komunikasi dengan software lain, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel. Seseorang bisa menyiapkan bahan presentasi melalui Word lalu memolesnya melalui Power Point, bisa juga dengan Excel dan menyisipkannya ke PowerPoint.

MICROSOFT ACCESS

esson 1: Getting Familiar with Microsoft Access 2007 for Windows

Microsoft Access is a database software package. A database is an organized collection of records. Telephone and address books are examples of paper databases. With Access, you can create a computerized database. For example, you can use Access to organize the students who attend a school, the courses they take, and the instructors who teach them. After you create an Access database, you can search it, manipulate it, and extract information from it. This lesson introduces you to Access windows and teaches you how to create a database.
Getting Started

You use windows to interact with Access. To begin, start Access 2007. You screen will look similar to the one shown here.

Access Window

Northwind is a sample database you can download from the Microsoft website. I will use the Northwind database to introduce you to Access windows. If the Northwind database is already on your system, open it, otherwise download it and then open it.
To open Northwind:

1. Click the Microsoft Office button. A menu appears.
2. Click Open. The Open dialog box appears.
3. Locate the Northwind database.
4. Click the Open button. Access opens the Northwind database.

To download Northwind, connect to the Internet and then follow these steps:

Download Northwind

1. Click Sample. The Northwind 2007 icon appears in the center of the window.
2. Click the Northwind icon.
3. Click the Browse button. The File New Database window appears.
4. Locate the folder in which you want to save the Northwind database.


3 Menjalankan Power Point

Tekan tombol start di pojok kiri bawah layar monitor. Pilih Program, kemudian klik Microsoft Power Point, sehingga muncul gambar 9.1.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar